Melihat Masa Depan Akuntansi Dalam Era Teknologi Informasi - Media News
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Melihat Masa Depan Akuntansi Dalam Era Teknologi Informasi

https://medianews.my.id

Melihat perkembangan terknologi yang semakin hari terus berkembang pesat, membuat setiap organisasi terus melakukan transformasi digital dan tidak terkecuali teknologi informasi.

Masa saat seperti ini, akuntansi ada pada kondisi dinamika perubahan baik dari segi pengetahuan, profesi, dan lain sebagainya. Apalagi di technology transformasi digital saat ini, ilmu akuntansi berkembang pesat dan dituntut untuk terus bisa beradaptasi.

Ketika terjadi perubahan transformasi digital, organisasi harus menyesuaikan beberapa perubahan yang ada. Salah satunya adalah terkait struktur organisasi, budaya organisasi, kepemimpinan, serta peran dan kemampuan karyawan. Perusahaan memiliki beberapa barrier atau tantangan yang membatasi suatu organisasi atau perusahaan untuk bertransformasi digital.

"Di kutip dari unpar.ac.id"  Perubahan tersebut, menurut Ali, pertama adalah Inertia organization, kondisi dimana organisasi tidak mau berubah karena sudah nyaman dengan kondisi yang ada saat itu. Selain itu, terdapat tantangan resistance employee, dimana karyawan tidak mau melakukan perubahan. Kedua risiko ini perlu dikelola agar organisasi sukses dalam bertransformasi digital.

Kini, peran akuntansi telah berubah, dari sekadar pencatatan atau book-keeping menjadi keunggulan bersaing. Sebab, akuntansi pun tidak luput dari perkembangan teknologi. Perubahan peran ini akan berdampak pada dunia bisnis. Selain itu, perlu disimak peran akuntansi di masa mendatang serta transformasi profesi akuntan.

https://medianews.my.id

Tantangan Bagi Setiap Perusahaan

Perubahan-perubahan tersebut menjadi tantangan bagi ketahanan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan harus memikirkan bagaimana caranya bertahan dan terus beradaptasi. Solusinya, perusahaan harus adaptif dalam merespon segala perubahan yang ada. Salah satunya adalah merespon perubahan society, termasuk kebiasaan konsumen, yang mulai beralih ke transaksi digital.

Di era informasi dan teknologi saat ini, masyarakat masih belum menyadari pentingnya manajemen risiko di dunia maya. Oleh karena itu, seminar sesi 1 mengangkat tema “Cyber Risk Management” untuk memberikan wawasan kepada para peserta dalam mengelola risiko di dunia siber. 

Perkembangan teknologi informasi pun memengaruhi perubahan model bisnis. Pada masa prarevolusi industri, berbagai pekerjaan dilakukan secara konvensional atau manual. Memasuki era revolusi industri, tenaga manusia mulai digantikan oleh mesin.

Profesi akuntan yang menggunakan metode single entry book-keeping beralih ke double entry book-keeping. Sebab, klien memerlukan informasi pendapatan dan perubahan kekayaan pada suatu periode.

Sementara itu, metode single entry book-keeping hanya memberikan informasi aset dan utang pada saat tertentu, klien tidak memikirkan jumlah perubahan kekayaan dan penyebabnya. Ditemukannya komputer pada tahun 1955 berdampak pada perkembangan double entry book-keeping karena waktu dan biaya pemroresan dan penyimpanan informasi kian cepat dan murah.

Tantangan mendatang bukan hanya sekadar persaingan antar akuntan di lingkup nasional, tapi juga ASEAN dan global. Ditambah pergeseran peran profesi akuntan akibat perkembangan teknologi informasi. Akuntan masa kini harus mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi berbagai perubahan yang akan terjadi. Fasih berteknologi merupakan salah satu kunci menghadapi tantangan di masa depan.

Informasi yang relevan berkaitan dengan sejauh mana informasi tersebut dapat membuat perbedaan untuk alternatif pengambilan keputusan. Keakuratan informasi berkaitan dengan ketepatan dan keandalan informasi tersebut sehingga informasi yang akurat, berarti bebas dari kesalahan dan tidak menyesatkan bagi pemakai informasi. 

Ketepatan waktu sebuah informasi sangat penting, karena informasi tersebut harus tersedia pada saat dibutuhkan karena berhubungan dengan pengambilan keputusan atau kebijakan.


Posting Komentar untuk " Melihat Masa Depan Akuntansi Dalam Era Teknologi Informasi"